Friday, February 3, 2012

Pencegahan Sel Kanker Melalui Buah Tomat

Tomat Segar
TOMAT - Pastinya tak asing lagi bila kita mendengar nama kanker,sebuah penyakit yang berbahaya,dan biasanya penyakit ini dapat bertahan selama tahun-an bahkan dapat mengakibatkan terjadinya hal yang paling tidak di inginkan (kematian) pada sang penderita. Selama bertahun-tahun sel kanker dapat tinggal di dalam tubuh manusia,hingga suatu saat sel kanker yang ada di dalam tubuh akan menyerang sel penjaga dinding pembuluh darah,dan ini dapat terjadi akibat di picu dari suatu bahan kimia. selanjutnya mereka akan menyebar di dalam aliran darah di dalam tubuh.

Dalam sebuah percobaan di laboratorium,ternyata nutrisi yang terkandung pada buah tomat yang sudah di masak akan dapat memperlambat pertumbuhan dan bahkan bisa membunuh sel kanker prostat yang ada. Uji coba ini di lakukan oleh Dr Mridula Chopra dan teman-temannya sebuah laboratorium,di university of portsmounth. Mereka menguji efek likopen pada sel kanker yang bersarang dan menyebar di dalam tubuh. Likopen adalah zat yang memberikan warna merah pada buah tomat. Dalam uji cobanya,Dr Mridula Chopra menemukan bahwa likopen dapat mengurangi penyebaran sel kanker yang akan menyerang darah yang masih sehat.

Dalam percobaan yang di lakukan oleh Dr Mridula dan kawan-kawannya,likopen terbukti dapat menghambat penyebaran sel kanker,sehingga sel-sel tersebut tidak dapat tumbuh menyebar secara luas. Para peneliti menjelaskan bahwa penyebaran sel kanker menggunakan mekanisme yang sama untuk mendapatkan makanan dari darah yang masih segar yang ada di dalam tubuh. Para peneliti menyimpulkan,mekanisme ini yang sangat eektif untuk mengatasi kanker prostat,karena likopen terakumulasi dalam jaringan prostat. Dr Mridula berkata "reaksi kimia sederhana ini terjadi pada konsentrasi likopen yang dapat di dapatkan secara mudah dengan mengkonsumsi buah tomat yang sudah di masak."

Dalam catatan "Brithish Journal of Nutrition" telah diterbitkan bahwa penelitian likopen yang terkandung dalam tomat,menunjukkan peningkatan likopen dalam sample darah dan air mani pada subyek yang telah memakan 400 gram tomat olahan selama dua minggu. Sebenarnya likopen tak hanya terdapat pada buah tomat saja,tapi semua buah dan sayuran yang berwarna merah terdapat kandungan likopen di dalamnya. Namun likopen terbanyak terdapat dalam buah tomat. Zat ini mudah tersedia dan menjadi aktif  saat buah tomat yang dimasak dengan sedikit minyak goreng. Dr Mridula Chopra juga menambahkan "saya menekankan bahwa percobaan kami,dilakukan dalam laboratorium. Kami membutuhkan pengujian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan kami. Namun bukti laboratorium yang kami temukan cukup jelas,yaitu mencegah pertumbuhan beberapa sel kanker dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah tomat yang sudah dimasak."

Wah ternyata jika kita tahu manfaat baiknya makan tomat itu sangat berguna sekali ya. semoga saja ini dapat menambah pengalaman bagi kita,untuk catatan yang lain yang ada kaitannya dengan tip pencegahan suatu penyakit baca juga Pisang Dapat Mencegah Stroke

No comments:

Post a Comment