Saturday, February 18, 2012

Pantai-pantai unik

Wisata - Pantai adalah suatu tempat wisata yang banyak disukai oleh sebagian orang,jika mendengar kata pantai ,pasti pikiran kita akan terbayang dengan pemandangan yang mengarah pada dataran pasir putih dan juga gulungan ombak yang terlihat menyenangkan. Tapi disini ada beberapa pantai yang terlihat unik
yang berbeda dengan kebanyakan pantai yang sering kita temukan. Nah,seperti apa pantai-pantai tersebut?,mari kita lihat apa yang menjadi keunikan dari pantai-pantai di bawah ini.


pantai kaca Fort Bragg
Pantai kaca Fort Bragg,di California

Pantai Fort Bragg mempunyai keunikan tersendiri,pasir dari pantai ini dihiasi dengan bebatuan kaca alami yang terbentuk dari proses alami yang terjadi selama ratusan tahun yang silam. Keindahan pantai Fort Bragg menjadi tercemar,karena masyarakat menggunakan pantai ini untuk di jadikan tempat sebagai pembuangan sampah. Dari segala macam sampah mereka buang di pantai ini,hingga pada tahun 1976,pemerintah California mengeluarkan surat perintah larangan untuk membuang sampah di pantai Fort Bragg. Tapi keindahan pantai sudah terlanjur tercemar,namun lain lagi dengan kehendak alam yan ternyata mengubah patai Fort Bragg menjadi keindahan yang tiada tara,dari sampah-sampah yang ada di pantai itu di ubah menjadi bebatuan yang berbentuk butiran kaca yang cantik warnanya,dan dapat terlihat hingga kini. Proses ini terjadi akibatdari gulungan ombak laut yang menjadikannya sebagai batu kaca. Sejak saat itulah pantai kaca di Fort Bragg terbentuk dan dapat dilihat sampai saat ini. Apalagi bila di lihat di waktu siang hari di saat terik matahari menyinari pantai Fort Bragg,batu-batu pasir itu akan mengeluarkan pantulan kilauan cahaya matahari yang sangat indah untuk di pandang mata.


Pantai Bowling,di kota Mendocino,California

Aneh juga ya,kenapa pantai ini di sebut dengan nama pantai bowling,kelihatannya panai ini terdengar tidak wajar,sebenarnya apa yang terjadi dengan pantai ini. Inilah asal mula dari awalnya pantai ini di beri nama pantai bowling. Karena di pantai ini terkmpul ribuan batu yang menantang ombak yang datang yang berbentuk bulat seperti sebuah bola bowling pada umumnya bola bowling yang kita kenal dalam suatu cabang olah raga. Batu-batu yang mempunyai diameter satu hingga dua meter ini memberikan keanehan,karena batu-batu yang ada disini terlihat seperti ada yang menyusunnya,padahal batu yang tertumpuk di pantai ini terjadi dengan alami dari proses fenomena alam. Secara geologis,batu yang di proses di pantai ini disebut teknis konkret yang merupakan hasil dari batu lumpur dari masa lampau,(masa kenozoikum). Dari jutaan tahun yang lalu,ombak dari samudra pasifik menerjang pantai ini,dan membentuknya hingga terjadi seperti apa yang bisa di lihat seperti saat ini.


Pantai Papakolea,di Hawaii

Keunikan pantai ini di kenal karena pasirnya yang berwarna hijau zaitun,pasir-pasir ini terbentuk dari batu kristal yang bernama ovilin. Ovilin merupakan batu semi mulia yang berasal dari material vulkanik dari daerah pesisir kerucut yang mengelilingi sekitar pantai ini. Karena air laut yang mengikis batu-batu kristal itu dan menghancurkannya dan terjadilah psair-pasir yang halus. Tapi sayangnya pantai ini terdapat didaerah yang terpencil dan kendaraan bermotor tidak dapat masuk menuju pantai ini,hingga terasa sulit untuk menikmati keindahan yang ada di pantai ini,apalagi cuaca di daerah ini terasa panas dan jalan yang ditempuh untuk menuju pantai Papakolea cukup panjang. Sebaiknya jika ingin berkunjung ke pantai ini,lebih baik mengenakan celana pendek dengan memakai kaus yang tipis dan memakai topi untuk melindungi dari sengatan teriknya sinar matahari yang panas. Ombak yang ada di pantai Papakolea sangat besar dan berbahaya jika di gunakan untuk berenang dan berselancar. Tapi jangan merasa kecewa dulu,biarpun di pantai Papakolea ini sangat berbahaya jika digunakan untuk berselancar dan berenang,namun hanya dengan berada di pantai ini saja kita akan merasa puas,apalagi saat sore hari menjelang terbenamnya matahari,panai Papakolea akan memberikan pemandangan yang indah,pasir-pasir kristal yang berwana hijau zaitun itu akan sinar matahari yang berkilau yang memberikan keindahan tersendiri di pantai Papakolea ini.


Pulau Harbour,di Bahama

Di pulau ini terdapat sebuah pantai yang unik,karena pasir yang ada di pantiai ini terlihat berwarna merah muda,pemandangan ini terjadi karena adanya koral yang bercampur dengan air laut di pulau Harbour. Pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda ini memanjang di pesisir timur pulau Harbour dan bercampur dengan indahnya air laut Bahama yang berwarna biru jernih.


Giant Causeway,di Irlandia

Disini ada sebuah pantai yang cukup unik,pantai ini merupakan sebuah area bebatuan yang ada sekitar 40 ribu batuan kolom basal yang terbentuk akibat dari letusan volkanik. Dan pantai ini juga menjadi salah satu situs warisan budaya milik UNESCO, sejak tahun 1986,yang masuk di bagian cagar alam nasional milik negara Irlandia pada tahun 1987. Kolom-kolom batu yang ada di pantai ini membentuk batu loncatan yang mengarah dari kaki tebing dan menghilang di bawah laut. Kolom-kolom batuan ini membentuk heksagonal. Ya memang ada beberapa dari batu-batu ini yang berbentuk persegi empat,psegi lima dan delapan. Disini batu yang tertinggi memiliki ketingian 12 meter. Giant Causeway merupakan tempat obyek wisata yang banyak di minati oleh para wisatawan yang ada di Irlandia Utara.


Pantai Viki,di Islandia

Uniknya pantai Viki ini memiliki figur-figur batu basalt yang aneh,dan masyarakat yang tinggal di sekitar area pantai Viki mempercayainya sebagai raksasa yang pada zaman dahulu yang berubah menjadi sebuah patung batu,dan pantai ini mempunyai curah hujan yang paling tinggi di negara ini. Pantai Viki terletak di ttitik paling selatan Islandia.

Pantai-pantai yang ada di atas merupakan beberapa obyek wiasata yang cukup unik dan merupakan kejadian fenomena alam yang hingga saat ini bisa kita lihat,untuk obyek wisata yang lain,baca juga pulau indah yang tak boleh di kunjungi

No comments:

Post a Comment