Wednesday, February 29, 2012

Kapal Costa Allegra Terbakar

Costa Allegra - Sebelumnya kapal pesiar Costa Concordia yang beberapa saat lalu,yang sedang berada didekat peraiaran pulau Giglio,Tuscan,di Italia telah diberitakan tenggelam yang menelan banyak korban,dan kini giliran kapal pesiar Costa Allegra yang mengalami musibah terbakar di perairan samudra Hindia beberapa hari yang lalu,pada tanggal 27/2/2012. Kapal Costa Allegra yang memiliki berat 29.000 ton itu,sebelumnya berlayar dari Madagaskar dengan tujuan ibukota Seycchelles,Victoria. Namun naas bagi Costa Allegra,ditengah perjalanannya kapal tersebut mengalami kebakaran.

Beruntung ada kapal pencari ikan dari Prancis yang melihat kapal Costa Allegra yang tengah mengalami musibah,dan memberikan bantuan dengan menarik kapal Costa Allegra untuk menuju ke daratan. Usai kebakaran yang melanda Costa Allegra,kapal tersebut mengalami kerusakan pada bagian generatornya. Dalam insiden terbakarnya Costa Allegra ini,dikabarkan tidak ada korban jiwa maupun luka dari penumpang kapal dan awak kapal. Padahal di saat kapal terbakar,lokasi kebakaran tersebut berada dimana para perompak Somalia sering melakukan aksinya di tempat kejadian tersebut.

Namun keberuntungan masih berpihak pada Costa Allegra yang membawa 636 penumpang dan 413 awak kapal,berhasil di selamatkan oleh kapal ikan milik prancis yang waktu itu sedang berada dekat dengan Costa Allegra,dan berhasil menarik untuk menjauhkan dari daerah perompak Somalia yang akhirnya dapat menuju daratan. Kini dari pihak otoritas Seychelles sedang mengatur untuk proses evakuasi bagi para penumpang Costa Allegra menuju pulau Descroches. Rencananya para penumpang akan di tampung di pulau Mehe. Dan pihak otoritas juga memastikan keselamatan kapal dari serangan para perompak,bila sewaktu-waktu terjadi.

Berikut adalah yang dikatakan oleh juru bicara presiden Seychelles,Srdjan Janosevic,pada tanggal 28/2/2012. "Bila perompak menyerang,para penjaga yang berada di atas kapal akan meresponnya. Tetapi hinnga saat ini tidak ada perompak yang terlihat di perairan itu," kata Janosevic. Terkait ungkapan yang dikatakan Janosevic,pihak penjaga pantai Italia juga menjelaskan,saat ini generator darurat sengaja dibiarkan tetap menyala untuk menjaga ruang kendali kapal,yang fungsinya agar peralatan komunikasi tetap menyala,agar petugas yang berjaga di darat bisa mengontrol dan mengawasi keadaan situasi di dalam kapal tersebut.

Terbakarnya kapal Costa Allegra ini menberikan sebuah tamparan baru bagi Costa Crociere sebagai perusahaan operator sekaligus pengelola kapal Costa Allegra dan juga kapal Costa Concordia yang sebelumnya telah mengalami tragedi musibah dengan tenggelamnya kapal tersebut pada bulan januari,yang menelan koban jiwa 25 orang meninggal dunia dan 7 korban lainnya dinyatakan hilang yang hingga kini tidak di temukan jasadnya.

No comments:

Post a Comment